wawancara dengan bang AJAX


Hallo agan-agan diluar sana, berjumpa lagi dengan saya dalam acara.. RAMTOO SHOW :p hehehe(belajar ngeMC nih) tak usah panjang-panjang dan banyak mulut, saya hadirkan bintang tamu kita tentunya bang AJAX. Dan kita akan bertanya kepadanya tentang apa pekerjaannya dan bagaimana cara dia bekerja. Oke agan-agan semuanya pertanyaan kita yang pertama-tama tentu adalah siapa bang AJAX ini. oke kita mulai saja wawancaranya :

Saya : maaf mas/bang boleh saya perkenalkan diri, eh maksud saya bolehkah saya mengenalkan diri anda pada agan-agan yang sudah mulai melongo sedari tadi.

bang AJAX : oh nggak perlu, biar ane sendiri yang mengenalkan diri. Agan-agan yang disini semuanya pada tahukan kalau nama ane cukup panjang, tapi nggak sepanjang nama kerajaan. baiklah nama saya adalah Asyn..(terpotong oleh saya)

Saya : hahahaha.. anda sedang bercanda yaa.. nggak manis aja sekalian bang??

bang AJAX : (sedikit marah x-\ )hei nggak sopan tau’ memotong pembicaraan. shut up and just listening aje.. hehe gaya sangat pake bahasa Inggris sagala.. nama saya adalah Asynchronous Javascript And XML. tapi buat ente-ente semua cukup panggil bang AJAX.

Saya : nama yang aneh.. tapi keren ogh bang(menjilat), OK bang langsung ke KTP, eh maksud saya TKP, sebenernya bang ini bekerja apa? tentunya bukan jualan es cendol khan..

bang AJAX : oh bukan, itu dulu kerjaan sampingan ane.. sekarang sedang merintis jualan bata merah. saat ini kerjaan ane cukup menggiurkan dari sekedar jualan yang sudah ada seperti HTML, DOM, Javascript Dan XML, sampai yang orang yang dulu-dulu juga ane jual kayak si XMLHttpRequest.

Saya : Oh.. si XMLHttpRequest itu orang jadul ya bang?

bang AJAX : Oh.. iya itu orang udah jadul banget, sebelum itu namanya MSXML(MicroSoft XML), itu direkrut(baca : diciptakan) oleh pak dhe Microsoft dulunya itu untuk nemanin tukang Post, yang bernama pak Outlook Web Access untuk bisa komunikasi sama bapak Microsoft Exchange Server 2000. sombong semua ya, namanya kerenn-kerenn(merasa garing dan nggak dapat respon akhirnya bercerita).. tapi menurut sejarahnya yang rumit tapi bisa dirunut.. dulu orang itu itu digunakan oleh pak dhe Microsoft untuk memungkinkan akses ActiveControlX pada Internet Explorer. anda bingung, saya sendiri juga bingung mau cerita dari mana, soalnya ceritanya dalam bahasa inggris. kalau anda berminat untuk tahu tak kasih alamat rumahnya di sini dan dengarkan cerita dari pak dhe wiki.

Saya : Ok, sekarang saya bertanya bagaimana cara bang AJAX bekerja, boleh kan?

bang AJAX : Oh tentu dengan senang sekali ane akan menjelaskan cara kerja ane, dan untuk kisah sukses ane, agan-agan bisa menirunya. pertama saya akan muncul di browser anda, karena saya yang sibuknya kayak artis ini anda minta untuk datang kayak jelangkung nggak diantar pulang. terus saya akan tetap stay di situ(browser), sebagai pelayan anda. karena saya baik hati anda nggak perlu ngebayar saya tapi kalo berkenan cukup es cendol aja.. hahaha πŸ™‚

Saya : Ok, Tyuss..??

bang AJAX : nah setelah itu ane akan memanggil teman-teman ane, sesuai permintaan agan-agan. tapi bukan si halaman melainkan si data-data.. emang masih kecil-kecil tapi gampang di panggilnya, bobotnya juga ringan dan tinggal dikasih permen mereka datang atau kalau mereka agak jual mahal, es krim juga mau. agan-agan cuman ngasih tempat bermain kayak div dan span tapi harus ada idnya karena mereka nggak mau datang ke tempat yang ga jelas. okey understand??

Saya : tend…. Oh jadi cuman gitu? nah terus gimana tuh cara si data-data bisa main di div/span saya.

bang AJAX : Oh saya akan memainkan sihir saya..

Saya : Oh abang juga bisa sihir..??(Seru saya yang semula ingin minta les privat tapi langsung nggak niat gara-gara dibawah ini..)

bang AJAX : Oh itu cuma hobi kecil-kecilan saya, trik murahan.. cuma kalau abang berminat ane ajarin tapi bayar Tanah dan Hipotek.

Saya : Gila… abang kira nih permainan monopoli ya??

bang AJAX : hahahaha,, ane cuman bercanda sesungguhnya cuman ane dan beberapa teman seperguruan ane saja yang bisa sihir ini. udahlah nggak usah banyak cing-cong pokoknya ente sediain tempat div/span/dll. setelah itu biarin ane yang bekerja ngurusin tuh tuyul-tuyul.. paham?

Saya : ham..!!! terus ada rahasia lain selain itu bang??

bang AJAX : Ehmm.. oke dikit saja.. ane nggak akan nyembunyiin ilmu ane dalem-dalem, sekarang ane kasih beberapa rahasia cara kerja ane.. oke perhatikan ya!!

Cara kerja menurut bang AJAX!!(patut untuk diplototin dan dipraktekkan)

  • ane akan stay di kompi agan-agan, udah tadi pada awal wawancara..
  • bangunin(baca:nyiptain) si XMLHttpRequest, perhatiin status anak buahnya si XMLHttpRequest, nyuruh manggil tuh bocah-bocah(pake fungsi open()) dan nyuruh dia bilang sama ane kalau udah berhasil nggiring tuh bocah-bocah(baca:data-data)
  • dan ane yang sedari tadi cuman nongkrong di kompi ente akan nggunain jurus magic ane dan(dibelakang layar) nyuruh tuh anak-anak ngeramaiin ente punya tempat bermain(div) pake jurus DOM
  • Selesai dan terimakasih sudah menyimak.. hahahaha πŸ˜›

saya : wow.. sederhana tapi cukup rumit(saya bingung sendiri dengan omongan ane) hehehe.

bang AJAX : makanya punya fikiran jalannya jangan rumit-rumit dan berkelok-kelok kalau belajar itu harus sabar, jangan langsung nyosor semua. okey

saya : makasih atas sarannya bang. okey agan-agan sekian dulu wawancara dengan bang AJAX, semoga dapat memberikan pencerahan bagi agan-agan semua. sori kalau bertele-tele dan jadinya terlalu panjang untuk diperbincangkan. akhir kata wassalam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s